Honda, Nissan & Mitsubishi Kolaborasi Bikin Mobil Listrik Saingi China

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id – Gempuran mobil-mobil listrik China, perlahan tapi pasti mulai membuat pabrikan Jepang bergerak. Tiga merek besar pun berkolaborasi untuk menandingi pabrikan China.

Honda Motor Co., Ltd. (Honda) mengumumkan kerjasama strategis dengan Nissan Motor Co., Ltd. dan Mitsubishi Motors Corporation di di Tokyo, Jepang.

 

 

Ketiga perusahaan menandatangani nota kesepahaman untuk bersama-sama membahas kerangka kerja lebih lanjut teknologi elektrifikasi mobil berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani oleh Honda dan Nissan pada tanggal 15 Maret 2024.

Honda dan Nissan berupaya untuk mempercepat inisiatif yang bertujuan mencapai netralitas karbon dan masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kolaborasi di berbagai bidang seperti teknologi lingkungan, teknologi elektrifikasi, dan pengembangan perangkat lunak serta berbagai diskusi dilakukan dalam lingkup yang lebih luas.

Dalam mempercepat proses ini, menghasilkan nilai baru dengan mengintegrasikan teknologi dan pengetahuan yang dikembangkan oleh setiap perusahaan untuk meningkatkan efisiensi bisnis.

Keikutsertaan Mitsubishi Motors dalam bidang serta potensi kolaborasi yang dipertimbangkan dan didiskusikan oleh Honda dan Nissan tidak hanya akan menambah pengetahuan dan kekuatan baru, namun juga akan memberikan sinergi serta peluang bisnis baru lebih lanjut oleh ketiga perusahaan tersebut.

Toshihiro Mibe selaku President and Representative Executive Officer Honda, mengatakan, industri otomotif berada dalam periode transformasi yang dikatakan hanya terjadi satu kali dalam satu abad.

"Kami berharap kombinasi teknologi dan pengetahuan yang dikembangkan oleh Honda dan Nissan, serta kekuatan dan pengalaman Mitsubishi Motors, akan memungkinkan kita untuk bergerak lebih cepat," ujar Toshihiro dalam keterangan resminya.

 

 

Makoto Uchida selaku President and CEO Nissan mengatakan sangat senang menyambut anggota baru dalam kemitraan strategis antara Honda dan Nissan.

Mitsubishi Motors memiliki teknologi dan keahlian unik dan telah berkolaborasi dengan Nissan sebagai mitra.

"Melalui kolaborasi antara ketiga perusahaan, kami berharap kemitraan ini akan berkembang menjadi sesuatu yang menciptakan nilai lebih besar, dan untuk menghadirkan produk dan layanan unik dari setiap perusahaan yang memenuhi beragam kebutuhan pelanggan yang berkelanjutan.” ujarnya.

Sementara Takao Kato, Representative Executive Officer, President and CEO, Mitsubishi Motors mengatakan, diskusi Honda dan Nissan mengenai kemitraan ini telah mengalami kemajuan.

"Kolaborasi dengan mitra sangat penting dalam industri otomotif saat ini, yang sedang mengalami perubahan pesat akibat inovasi teknologi seperti elektrifikasi dan kecerdasan. Kami percaya bahwa kami dapat menemukan kemungkinan-kemungkinan baru di berbagai bidang melalui kolaborasi antara ketiga perusahaan.” tutup Takao.